Relawan Ganjar ke Kaltim, Disebut Untuk Mencari Suara Transmigran Jawa
Ganjar Pranowo.(Kompas/Reka)

Relawan Ganjar ke Kaltim, Disebut Untuk Mencari Suara Transmigran Jawa

Relawan Ganjar, kelompok relawan pendukung Gubernur Ganjar Pranowo Jawa Tengah sebagai calon presiden (calon) 2024, bertemu dengan masyarakat Jawa di Kalimantan.
Integrasi internal juga dilakukan secara tertutup pada pertemuan yang diadakan di Hotel Horison Sagita di kota Balikpapan, Kalimantan timur.

Ujang Komarudin, pengamat politik Universitas Al Azhar, mengatakan masyarakat Jawa Kalimantan merupakan basis pemilih yang perlu dijaga dan didekati oleh calon presiden yang ingin memenangkan pemilihan presiden 2024.

Menurutnya, masyarakat Jawa Kalimantan merupakan komunitas yang besar karena proses migrasi.

Sebelumnya Kalimantan dan Sumatera punya istilah Jawa,” kata Ujang kepada CNNIndonesia.com, Senin (22/11). “Pola ini juga menentukan bahwa Jawa ada di mana-mana. Dalam pemilu, tentu sangat menentukan.”

Ia juga mengatakan bahwa memenangkan pemilihan pendahuluan di Kalimantan penting bagi setiap calon presiden karena pemilihan presiden tidak diadakan di satu daerah saja.

“Kalau kita bicara pilpres, kita bicara tentang Indonesia, artinya kita harus ke Kalimantan. Bagaimanapun, setiap capres di setiap daerah penting,” katanya.

Selain berintegrasi dengan masyarakat Jawa, juga melakukan kegiatan sosial di Balikpapan, seperti menyantuni anak yatim dan dhuafa di Sepinggan, panti asuhan Panti Asuhan Sahabat di Nambalikpapan dalam rangka memperingati Hari Anak pada tanggal 20 November.

Agus Wangkay, Relawan DPW, Kalimantan Timur, presiden Agus Wangkay mengatakan, “Untuk merayakan Hari Anak Internasional. Kami mencari tempat dengan komunitas anak-anak yang dapat kami dukung dalam kehidupan sehari-hari anak-anak kami.”

Saat itu, Relawan banyak memberikan bantuan berupa sembako dan kebutuhan pokok lainnya untuk anak yatim dan dhuafa.

Mereka juga mendatangkan relawan medis untuk pemeriksaan kesehatan gratis bagi anak-anak panti asuhan dan pengasuh panti asuhan.

Artikel Menarik Lainnya :  Tokoh Populer Diprediksi Sulit Maju di Pilpres 2024, Ini Alasannya

Sebagai informasi, pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin memenangkan Pilpres 2019 dengan meraih 1.094.845 suara di Provinsi Kalimantan Timur dan mengalahkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan 870.443 suara.

Menurut Ujang, relawan berusaha mempertahankan suara yang diraih Jokowi, dengan harapan bisa mempertahankan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Check Also

PKB Ingatkan PAN Jangan Dikte Reshuffle Kabinet Jokowi

PKB Ingatkan PAN Jangan Dikte Reshuffle Kabinet Jokowi

Wakil Presiden Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengingatkan Partai Amanat Nasional (PAN) dan semua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *