Jokowi ingin kembangkan wisata Earth Park di Indonesia
Presiden Jokowi Widodo.(Setkab/Reka)

Jokowi Ingin Kembangkan Wisata Earth Park di Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin mengembangkan pariwisata di geopark di Indonesia. Dia berpikir bahwa geopark dapat kompatibel dengan tren pariwisata selama epidemi yang memprioritaskan ekowisata dan pariwisata kesehatan.

Selain menikmati keindahan alam, kata dia, wisatawan dapat berpartisipasi dalam kajian pelestarian lingkungan, sejarah geologi dan keanekaragaman budaya di sekitar taman kabupaten.

Jokowi mengatakan pada acara pembukaan Konferensi Geopark Indonesia ke-2 pada Senin (22/11) dan Senin (22/11), “Geopark dapat dikembangkan menjadi situs geowisata yang menarik selain mendidik anak negara.”

Terlepas dari keunikan geologi lokal, gunung berapi, flora dan fauna, serta budaya masyarakat di sekitar geopark, Jokowi percaya itu saja tidak cukup.

Ia menyarankan untuk membantu memperkuat narasi (cerita) masing-masing geopark.

“Ini adalah cerita tentang letusan gunung purba di masa lalu dan perjalanan peradaban di sekitar geopark,” tambahnya.

Dalam menyukseskan pengembangan wisata taman kabupaten, Jokowi menyoroti masalah tata kelola. Ia menyoroti persoalan pembenahan tata kelola yang melibatkan pegiat geopark, akademisi dan masyarakat sekitar.

“Hasilkan ide-ide inovatif dan buat terobosan nyata yang menyeimbangkan konservasi dan ekonomi,” kata Jokowi.

Menteri Koordinator Penanaman Modal Maritim Luhut Binsar Panjaitan sependapat dengan Jokowi, mengatakan bahwa geopark akan menjadi daya tarik wisata nasional dan internasional.

Menanggapi hal tersebut, pemerintah menyampaikan bahwa dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 Tahun 2019 tentang Penciptaan Geopark, konsep pengembangan geopark diciptakan melalui tiga poros konservasi, edukasi, dan ekonomi kawasan sekitar.

Ia juga mengatakan, Proud Traveling di Indonesia juga akan sukses dalam kampanye wisata. Luhut merasa perlu mengembangkan rasa memiliki atas kekayaan alam Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya :  Pemasaran yang baik untuk mendapat penghargaan pada diri sendiri

“Ini merupakan peluang sekaligus tantangan bagi kami untuk mengelola geopark dan memberi manfaat bagi masyarakat secara terintegrasi,” ujarnya.

Sebagai informasi, Indonesia telah memiliki 6 UNESCO Global Geoparks (Unesco Global Geoparks Belitong, Caldera Toba, Ciletuh-Pelabuhan Ratu, Rinjani, Gunung Sewu dan Gunung Batur, Bali).

Pengembangan destinasi wisata ini terus dipercepat karenanya , sektor pariwisata bisa menjadi motor peningkatan devisa di tengah gejolak ekonomi global. Sektor pariwisata juga menciptakan efek berganda, serta mendorong laju pertumbuhan ekonomi baik nasional maupun daerah.

Check Also

Dasar-dasar untuk pemula untuk menghasilkan uang di internet

Dasar-dasar untuk pemula untuk menghasilkan uang di internet

Banyak pemula, atau akrab disebut pemula, bertanya-tanya bagaimana cara menghasilkan uang di internet. Jawabannya biasanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *