Luhut Binsar Panjayitan WSBK Mandalika Akan Picu Pemulihan Ekonomi di NTB
Ilustrasi Luhut Binsar Panjayitan di WSBK Mandalika.(Kompas/Reka)

Luhut Binsar Panjaitan Yakin WSBK Mandalika Akan Picu Pemulihan Ekonomi di NTB

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan optimistis terpilihnya Sirkuit Mandalika sebagai tuan rumah World Superbike Championship dapat memicu pemulihan ekonomi NTB, khususnya ekonomi kreatif di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

Beliau dan rombongan menyempatkan diri berkeliling arena bazar makanan UMKM NTB dan bergantian mengunjungi stand-stand di sirkuit Mandalika, tempat seri terakhir balapan motor internasional WSBK berlangsung pada Minggu (20/11).

Luhut mengatakan terpilihnya NTB dengan Kabupaten Mandalika sebagai tuan rumah WSBK merupakan peluang yang sangat baik untuk mengembangkan, meningkatkan kualitas dan mempromosikan produk UMKM bagi masyarakat NTB di pasar nasional bahkan global. Luhut juga memuji keberadaan kios yang menjual barang-barang UMKM mulai dari kain tradisional, perhiasan hingga makanan khas.

“Apalagi ini event internasional dimana penontonnya juga datang dari berbagai negara dan membeli produk-produk UMKM yang dijual di sini. Tentunya hal ini dapat menjadi pendorong untuk memperkenalkan produk UMKM lokal ke mancanegara melalui audience yang datang dari berbagai belahan dunia,” ujar Lukhut. saat konferensi yang diadakan di Media Center Kementerian Komunikasi dan Informatika di samping acara Sirkuit Mandalika.

Keamanan dan prosedur yang ketat

Pada kesempatan yang sama, Kapolda NTB Inspektur Paul Mohammad Iqbal berbicara tentang keamanan WSBK, terutama di daerah yang berdekatan dengan Lingkar Mandalika.

Aparat kepolisian dibantu Dinas Perhubungan Provinsi NTB terus menghadang kendaraan yang keluar bandara menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, atau yang melintas dari arah Kota Mataram. Hal ini dilakukan untuk menangkap siapa saja yang bisa memasuki arena sirkuit.

Perjalanan melalui bypass FEZ Mandalika hanya diperbolehkan untuk kendaraan berstiker khusus atau yang sudah memiliki tiket pemeriksaan. Selain itu, penonton dapat menggunakan bus gratis yang disediakan oleh Pemda NTB.

Artikel Menarik Lainnya :  Tips Untuk Rencana Pensiun dan Keuangan Anda

Kapolres NTB juga terus mengingatkan kepada seluruh pengunjung Kabupaten Mandalika untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat agar acara tetap berjalan lancar dan mencegah penyebaran Covid-19.

Diketahui, Menko hadir di Kabupaten Mandalika didampingi Menteri Perhubungan Budi Karja Sumadi, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki, Wakil Menteri BUMN Kartik Virjoatmojo, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Direktur Kapolda NTB M.Iqbal. Unit Bisnis dan Inovasi ITDC Arie Prasetio, serta Septriana Tangkari, Direktur Informasi dan Humas Kemkominfo.

Check Also

BI : Transaksi QRIS Naik 163% Menjadi Rp2,3 T

BI : Transaksi QRIS Naik 163% Menjadi Rp2,3 T

Bank Indonesia (BI) Retno Ponco Windarti, Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran, mengatakan transaksi QRIS meningkat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *