Menggunakan blockchain selain cryptocurrency, untuk apa?
Kredit Foto.(Pixabay/Reka)

Menggunakan blockchain selain cryptocurrency, untuk apa?

Blockchain adalah teknologi yang sering dikaitkan dengan cryptocurrency. Menurut Investopedia, blockchain adalah teknologi yang digunakan untuk merekam dan menyimpan secara digital setiap transaksi yang terjadi. Misalnya, dalam bitcoin, blockchain digunakan untuk pelaporan keuangan. Saat ini ada lebih dari 10.000 cryptocurrency yang beroperasi pada sistem blockchain.

Namun sebenarnya blockchain memiliki kelebihan untuk merekam dan menyimpan jenis data lainnya.Sementara itu, di Indonesia pada 2017, menurut Presiden Direktur BCA Jahja Setiatmaja, perbankan lokal mulai mempersiapkan penerapan teknologi blockchain. Sebab, kata dia, blockchain bisa membuat perusahaan layanan pelanggan menjadi lebih efisien.Jadi, selain cryptocurrency, penggunaan blockchain dapat diterapkan di industri apa pun?

Perbankan dan Keuangan

Mungkin tidak ada industri yang bisa mendapatkan keuntungan lebih dari terhubung ke blockchain dalam operasi bisnis mereka selain perbankan. Lembaga keuangan biasanya hanya bekerja selama jam kerja dan lima hari seminggu. Karena dengan bantuan teknologi blockchain, konsumen dapat memproses transaksi keuangannya tidak lebih dari 10 menit.

Ini adalah waktu yang biasanya diperlukan untuk menambahkan “blok” ke blockchain. Selain itu, setiap transaksi dengan nilai berapa pun dapat dilakukan pada akhir pekan atau hari libur. Selain itu, dengan bantuan blockchain, bank juga dapat bertukar dana lebih cepat antar institusi. Misalnya, dalam perdagangan saham, proses penyelesaian dan kliring bisa memakan waktu hingga tiga hari (atau lebih lama jika diperdagangkan secara internasional), yang berarti membekukan uang dan saham untuk periode ini.

Layanan Kesehatan

Penyedia layanan kesehatan dapat menggunakan blockchain untuk menyimpan catatan medis pasien mereka dengan aman. Ketika catatan medis dibuat, itu dapat disimpan di blockchain. Dengan demikian, dapat menjadi bukti dan menanamkan keyakinan pada pasien bahwa rekam medisnya tidak dapat diubah.Catatan medis yang sangat rahasia ini dapat dienkripsi dan disimpan di blockchain dengan kata sandi pribadi, sehingga hanya dapat diakses oleh individu tertentu untuk keamanan pribadi.

Artikel Menarik Lainnya :  BSI (BRIS) memiliki return tertinggi dibandingkan ketiga bank ini.

Rantai pasokan

IBM Food Trust menggunakan blockchain untuk merekam rantai pasokan. Pemasok dapat menggunakan blockchain untuk mencatat sumber asli bahan yang dibeli.Dengan demikian, perusahaan dapat memverifikasi keaslian produk yang dibeli. Forbes sebelumnya menyebutkan bahwa industri makanan telah memperluas adopsi blockchain untuk melacak keamanan pangan dari petani hingga konsumen.

Pemungutan suara

Blockchain juga dapat digunakan untuk proses pemungutan suara yang lebih modern. Berkat blockchain, proses pemungutan suara dapat menghilangkan berbagai risiko penipuan. JAMHal ini sebelumnya diterapkan pada proses pemungutan suara di West Virginia, AS, pada November 2018. Saat menggunakan blockchain, tidak mungkin mengganggu sistem pemungutan suara. Protokol blockchain juga akan mendukung transparansi proses pemungutan suara, mengurangi kebutuhan tenaga kerja lokal untuk melakukan pemungutan suara, dan hasilnya juga akan instan.Dengan demikian, blockchain dapat mengurangi kebutuhan akan perhitungan ulang atau risiko penipuan yang terkadang terjadi dalam proses pemungutan suara.

Check Also

Basuki Tjahadja Purnama Marah, Kontrak Bisnis Banyak Yang Merugikan BUMN

Basuki Tjahadja Purnama Marah, Kontrak Bisnis Banyak Yang Merugikan BUMN

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahadja Purnama alias Ahok mengatakan banyak kontrak bisnis Badan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *