The Squid Game adalah # 1 di Netflix, dan orang Korea Selatan menggunakan drama bertahan hidup untuk berbicara tentang ketidaksetaraan.
Image source from liputan6.com

The Squid Game adalah # 1 di Netflix, dan orang Korea Selatan menggunakan drama bertahan hidup untuk berbicara tentang ketidaksetaraan.

The Squid Game, sebuah drama dystopian Korea Selatan, adalah acara yang paling banyak ditonton di Netflix, di mana seorang eksekutif baru-baru ini memperkirakan itu bisa menjadi program platform yang paling banyak ditonton.

Seri sembilan episode menggambarkan ratusan orang dari komunitas paling terpinggirkan di Korea Selatan – termasuk ayah yang dililit hutang, seorang pembelot Korea Utara, dan seorang pekerja migran – bersaing dalam permainan kekanak-kanakan seperti tarik tambang dengan harapan memenangkan sekitar $ 38 juta. dalam hadiah uang. Semangat: Yang kalah mati saat permainan ditonton dan didanai oleh orang kaya yang menganggur.

Menurut Areum Jeong, pakar film Korea di Institut Pittsburgh Universitas Sichuan, cerita itu sangat menggema di antara warga Korea Selatan yang frustrasi dengan meningkatnya ketimpangan pendapatan di salah satu negara terkaya di Asia.

“Orang-orang muda saat ini frustrasi dan pesimis tentang tingkat pengangguran,” katanya, seraya menambahkan bahwa prospek memenangkan sejumlah besar uang “bisa tampak sangat menarik, meskipun mungkin ada darah di tangan Anda.”

Popularitas tema tersebut telah mendorong politisi Korea Selatan di seluruh spektrum politik untuk mencoba memanfaatkan apa yang dimenangkan Squid Game. Sejak dirilis pada pertengahan September, serial ini telah digunakan sebagai metafora oleh calon presiden Maret mendatang untuk saling menyerang, sementara publik telah menggunakan serial tersebut untuk berbicara tentang skandal yang membayangi tentang bagaimana putra seorang politisi yang terhubung dengan baik. mendapat uang dalam jumlah yang signifikan.

Di “hutan penyembuhan” Korea Selatan, orang-orang yang menderita pandemi bersaing untuk mendapatkan suhu dingin yang mutlak.

Lee Jae-Myung, pemimpin yang mewakili Partai Demokrat kiri-tengah dalam pemilihan presiden tahun depan, menggunakan The Squid Game minggu ini untuk mengkritik lawan politik.

Artikel Menarik Lainnya :  BSI (BRIS) memiliki return tertinggi dibandingkan ketiga bank ini.

“Permainan cumi-cumi telah menjadi hit viral,” katanya, menunjukkan kompetisi lain sedang berlangsung di antara konservatif Korea Selatan, yang disebutnya “permainan 5 miliar won.”

Lee tampaknya mengacu pada insiden yang muncul bulan lalu di mana putra seorang anggota parlemen sayap kanan menerima 5 miliar won, atau sekitar $ 4,2 juta, sebagai pembayaran setelah meninggalkan perusahaan manajemen aset di mana ia memegang posisi yang relatif rendah. .

Jumlah itu biasanya diberikan sebagai pesangon kepada eksekutif senior yang meninggalkan perusahaan besar seperti Hyundai Motor dan Samsung Electronics setelah puluhan tahun mengabdi, menurut dokumen yang diserahkan ke regulator keuangan negara itu. Dalam sebuah wawancara dengan penyiar lokal, seorang mantan pejabat manajemen aset membantah bahwa pembayaran itu adalah suap.

Pembayaran itu mengejutkan banyak orang Korea Selatan, yang memiliki pendapatan tahunan rata-rata sekitar $32.000, dan politisi seperti Lee, yang telah dibandingkan dengan Senator AS Bernie Sanders (I-Vt.) Untuk mendukung kebijakan seperti pendapatan dasar universal.

Konservatif juga menggunakan “permainan cumi-cumi” sebagai bagian dari retorika mereka. Hong Jun Pyo, calon presiden dari Partai Kekuatan Rakyat konservatif, mengatakan pada hari Selasa bahwa adegan dari Squid Game, di mana seorang anggota meremas tangan bandit pengganggu dan melompat dari jembatan, mengingatkannya pada “Seorang politisi tertentu.”

Pernyataan itu tampaknya merujuk pada Lee, yang secara terbuka dituduh oleh aktris terkenal itu karena tiba-tiba memutuskan hubungan di luar nikah. Seorang juru bicara Lee mengatakan dia tidak bisa berkomentar segera.

Hu Kyung Young, seorang pemimpin partai kecil yang dikenal karena kepatuhannya pada platform populis, mengatakan bahwa dia adalah orang pertama yang bergabung dengan “permainan cumi-cumi.” Hu mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia menerapkan “permainan Hu Kyung-yoon” – pada dasarnya sebuah rencana untuk memberikan setiap orang dewasa di Korea Selatan sekitar $ 90.000 secara sekaligus – jika dia mendapatkan lebih dari setengah suara dalam pemilihan tahun depan.

Artikel Menarik Lainnya :  Companies In Phoenix, Az

Hu Kyung Young, pemimpin partai sekunder yang digambarkan di sebelah kiri, adalah salah satu politisi Korea Selatan pertama yang menggunakan “permainan cumi-cumi” dalam retorika mereka. (Yonhap / EPA-EFE / REX / Shutterstock)
“Permainan cumi-cumi adalah contoh khas dari pandangan dunia orang Korea saat ini,” katanya. “Pengusiran, kehancuran, ketidakamanan, musuh di semua sisi. [Para peserta] berada dalam posisi mereka tidak memiliki jalan keluar, dan opsi terakhir tampaknya adalah Game Squid.”

Popularitas serial Netflix di seluruh dunia adalah karena fakta bahwa Korea Selatan berubah menjadi pusat budaya internasional. Di antara film-film terakhir yang dicintai di negara ini adalah Parasites dan Minari; Kedua film – yang terakhir adalah Korea-Amerika – menggambarkan warga Korea Selatan sebagai pecundang dan sukses internasional.

Kafe ini memberi pengunjung kesempatan untuk mencoba Squid Game.
Pengunjung Brown Butter Café di Singapura mencoba memecahkan permen Dalgona tanpa merusak bentuknya dalam tantangan yang mengingatkan pada Squid Game Netflix. (Reuters)
Jung, seorang peneliti film, mengatakan politisi yang menggunakan “permainan cumi-cumi” sebagai metafora tidak begitu memahami apa yang dilihatnya sebagai masalah ketimpangan struktural yang lebih besar.

“Politisi menggunakan permainan cumi-cumi … untuk mengklaim bahwa mereka akan menciptakan masyarakat yang lebih adil dengan menghargai kerja keras, tetapi mereka belum benar-benar memikirkan inkonsistensi atau bagaimana kelompok-kelompok tertentu sudah dirugikan dalam sistem.” katanya .

Cerita telah diperbarui untuk mengklarifikasi bahwa Minari adalah film Korea-Amerika.

Check Also

Basuki Tjahadja Purnama Marah, Kontrak Bisnis Banyak Yang Merugikan BUMN

Basuki Tjahadja Purnama Marah, Kontrak Bisnis Banyak Yang Merugikan BUMN

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahadja Purnama alias Ahok mengatakan banyak kontrak bisnis Badan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *