Dinkes Selenggarakan Vaksin Gratis Malang di 2 Puskesmas

Dinkes Selenggarakan Vaksin Gratis Malang di 2 Puskesmas

Dinkes Selenggarakan Vaksin Gratis Malang di 2 Puskesmas

Dinas Kesehatan Kabupaten Malang kembali membuka penyelenggaraan vaksin gratis Malang di tiga puskesmas. Program vaksinasi memang menjadi salah satu langkah yang digencarkan oleh pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19.

Vaksinasi adalah satu dari sekian banyak langkah kesehatan dan medis yang bertujuan meningkatkan antibodi seseorang. Program vaksinasi dilakukan secara serempak di seluruh kota dan daerah Indonesia.

Salah satu tujuan vaksinasi adalah membentuk masyarakat yang memiliki sistem antibodi kuat. Sehingga hal tersebut akan menekan penularan dan peningkatan kasus Covid-19 di berbagai daerah Indonesia.

Kabupaten Malang adalah salah daerah yang gencar melaksanakan vaksinasi massal. Masyarakat yang ingin mengikuti vaksinasi dapat mendaftar lewat program vaksin gratis Malang sesuai dengan jadwal dan pelaksanaannya.

Pendaftaran vaksinasi untuk masyarakat secara umum dilakukan melalui dua cara. Keduanya yaitu melalui pendaftaran jalur online dan datang langsung ke lokasi sentra vaksinasi (go show).

Pendaftaran online dilakukan untuk menghindari kebiasaan berkerumun di sentra vaksinasi. Sementara itu sistem go show biasanya dilakukan untuk orang-orang yang ingin melakukan vaksinasi di daerah lain.

Pelaksanaan Vaksin Gratis Malang di Puskesmas Sumbermanjing Kulon

Pemerintah Kabupaten Malang lewat Dinas Kesehatan membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi gratis. Lewat situs resminya Dinas Kesehatan mengunggah jadwal pendaftaran di 2 puskesmas.

Ketiga puskesmas tersebut diantaranya Puskesmas Sumbermanjing Kulon dan Puskesmas Pagak. Jenis vaksinasi yang nantinya akan diberikan kepada peserta yaitu Sinovac dosis pertama dengan ketentuan tertentu.

Lokasi pelaksanaan vaksin gratis Malang tepatnya di sentra vaksinasi Puskesmas Sumbermanjing Kulon. Alamat puskesmas yaitu Jalan Ahmad Yani Nomor 27, Sumbermanjing, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang.

Artikel Menarik Lainnya :  Selamat Hari Tanpa Bra Sedunia

Para peserta bisa mengunjungi sentra vaksinasi berdasarkan jadwal yaitu pada Selasa, 21 September 2021. Vaksinasi gratis tersebut akan berlangsung pada pukul 09.00 sampai 12.00 WIIB.

Sementara itu Dinas Kesehatan Kabupaten Malang menghimbau bagi para peserta untuk mengikuti persyaratan sebelum vaksinasi. Seperti membawa fotokopi KTP maupun Kartu Keluarga pada saat mengikuti vaksinasi.

Selain itu peserta yang mengikuti vaksinasi berasal dari KTP umum maupun masyarakat di Kecamatan Pagak. Usia peserta yang dapat mengikuti vaksinasi minimal 12 tahun ke atas.

Peserta yang memiliki riwayat penyakit tertentu juga tetap dapat mengikuti vaksinasi dengan membawa surat rekomendasi dokter. Para peserta yang bisa mendaftar berasal dari masyarakat yang belum pernah ikut vaksinasi sebelumnya.

Pada saat mengikuti pemberian vaksinasi masyarakat yang datang ke puskesmas tetap memerhatikan protokol kesehatan. Misalnya seperti menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencuci tangan.

Pelaksanaan Vaksin Gratis Malang di Puskesmas Pagak

Selain di sentra vaksinasi tersebut rupanya Dinas Kesehatan Kabupaten Malang juga menyelenggarakan pemberian vaksin di Puskemas Pagak. Program vaksinasi Covid-19 tersebut dilaksanakan pada Senin, 20 September 2021.

Para peserta yang sudah mendaftar secara online dapat mengunjungi lokasi di Puskesmas Pagak. Alamat sentra vaksinasi tersebut yaitu Jalan Hamid Rusdi No 84, Desa Pagak, Kecamatan Pagak.

Pelaksanaan vaksinasi tersebut dijadwalkan pada pukul 08.00 sampai 11.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Terdapat beberapa persyaratan khusus yang diberlakukan di Puskesmas Pagak.

Misalnya bagi peserta ibu hamil harus memenuhi usia kandungan minimal 3 bulan. Sementara peserta umum yang mendaftar sudah harus berusia 12 tahun ke atas pada saat mengikuti vaksinasi.

Jadi, para peserta juga wajib membawa fotokopi KTP, KK, serta mengisi form pendaftaran secara online. Karena dosis vaksin gratis Malang terbatas para peserta harus segera mendaftar sebelum kuota penuh.

Artikel Menarik Lainnya :  Seorang Dokter Ungkap Risiko Penyakit Obesitas pada Atlet

Check Also

Indonesia Kembangkan Tes COVID-19 Baru, Sensitivitas Disebut Setara DenganPCR

Indonesia Kembangkan Tes COVID-19 Baru, Sensitivitas Disebut Setara DenganPCR

Indonesia dilaporkan sedang mengembangkan tes COVID-19 baru dengan model Nucleic Acid Amplification Assay (NAAT). Tes …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *