Cara menulis resume untuk lulusan baru
Image source from freepik.com

Cara menulis resume untuk lulusan baru

Pepatah lama, “Tidak pernah ada kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama,” benar-benar benar dalam hal melamar pekerjaan, dan resume Anda adalah yang pertama mengesankan calon majikan Anda. Jika resume Anda tidak ditulis dengan hati-hati, Anda mungkin tidak akan pernah mendapatkan kesempatan lagi.

Format mana yang Anda gunakan?

Perbedaan antara resume lulusan dan resume seseorang yang didirikan di tempat kerja (kadang-kadang disebut resume kinerja) adalah salah satu sorotan utama.

CV kinerja dimulai dengan profil, diikuti dengan pencapaian, latar belakang, keterampilan, pendidikan, informasi pribadi, dan daftar minat, dalam urutan kronologis. Hal ini dirancang untuk menekankan prestasi dan tanggung jawab dalam karir seseorang. Fokus utamanya adalah pada jabatan dan perusahaan tempat mereka bekerja.

Sebagai lulusan, ini bisa tampak menakutkan ketika Anda tiba-tiba menyadari bahwa penelitian akademis yang ketat selama tiga tahun tampaknya tidak memberi Anda pengalaman yang cukup untuk menyelesaikan resume Anda.

Oleh karena itu, Anda harus fokus pada bagian Profil dan Prestasi dari resume Anda. Ini berada dalam fokus, sepertiga di bawah bagian atas halaman, di mana mata manusia dianggap digambarkan secara alami. ..

Formatnya bisa sama dengan CV Kinerja karena alasan berikut:

Ini adalah yang paling populer, sehingga pembaca dapat dengan cepat memindai resume mereka untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan. Bagian Pendidikan berisi daftar singkat kualifikasi yang berharga tetapi tidak dapat dibedakan dari pelamar lain. Anda akan diundang untuk wawancara. Oleh karena itu, bagian ini dapat berada lebih jauh ke bawah CV, seperti halnya untuk CV Kinerja, tetapi ringkasannya ditulis di bagian Profil dan Prestasi.

Profil
Ini adalah pernyataan fokus pada resume Anda yang merangkum apa yang harus Anda berikan. Yang penting adalah menekankan keterampilan yang dapat ditransfer yang diperoleh selama di Uni yang bermanfaat bagi calon pemberi kerja. Contoh dapat diambil dari kinerja akademis Anda, perjalanan ke luar negeri, pengalaman kerja, keterlibatan dalam klub dan pekerjaan sukarela. Anda harus spesifik dan ringkas, dan deskripsi lengkap keahlian Anda dengan bukti harus ditulis di tempat lain di resume Anda. Pembaca harus dapat melihat bahwa keterampilan yang tercantum dalam “Profil” terkait dengan lowongan yang mereka coba isi. Jika tidak, Anda mungkin tidak perlu membaca lebih lanjut.

Artikel Menarik Lainnya :  Cara Membuat Resume Untuk Melamar Sebagai Guru Terbaik

pencapaian
Bagian ini hanya boleh digunakan untuk menyoroti pencapaian tertentu yang terkait dengan pekerjaan yang Anda lamar. Kami menyarankan Anda menyelesaikannya setelah menulis sisa resume Anda. Pilih hingga 6 dan jika memungkinkan, cantumkan dalam poin-poin. Jika Anda tidak dapat memikirkannya, lewati bagian ini sama sekali.

pengalaman kerja
Baik pengusaha maupun mahasiswa tahu bahwa lingkungan universitas itu unik dan sangat berbeda dari tempat kerja penuh waktu. Pengusaha perlu menegaskan kembali apa yang Anda alami di “dunia nyata”. Oleh karena itu, pengalaman kerja Anda, apakah itu pekerjaan musim panas atau pekerjaan paruh waktu, sangat penting untuk resume Anda.

Penempatan sukarela atau industri.

Pekerjaan apa pun akan memberi Anda keterampilan dan pengalaman berharga yang harus ditekankan oleh atasan Anda dan dikaitkan dengan persyaratan pekerjaan Anda.

Contoh: Pekerjaan paruh waktu di SPBU setempat memberikan keterampilan pemrosesan uang tunai, pengalaman layanan pelanggan, diplomasi, manajemen inventaris, kemampuan menerima tanggung jawab, kemampuan bekerja dalam tim, dan/atau kemampuan bekerja sendiri prakarsa. Pelajari keterampilan baru, kredibilitas, ketekunan, dan kemampuan untuk menangani tugas sehari-hari.

keahlian
Bagian ini memberi Anda kesempatan untuk membuat daftar keterampilan komputer, bahasa, dan kursus ekstrakurikuler yang diambil di luar gelar Anda. Pastikan untuk memasukkan level yang telah Anda capai. Misalnya, fasih berbahasa Jerman, percakapan Italia, dan penggunaan semua aplikasi Microsoft Office secara teratur.

pendidikan
Mulailah dengan kualifikasi terbaru Anda yang mungkin berupa gelar atau program pascasarjana Anda. Alih-alih mendaftar semua kursus dan modul yang telah Anda pelajari, sertakan presentasi, proyek, perjalanan, dan hal-hal lain yang terkait dengan pekerjaan yang Anda lamar sebagai bagian dari kursus. Sertakan nilai hanya jika itu mengesankan.

Artikel Menarik Lainnya :  Sudirno, Ahli Grafis Gambar Koin Rupiah Yang Menetap Sederhana

Tingkat, atau kualifikasi lain yang dicapai sebelum kuliah, hanya boleh dimasukkan jika relevan.

minat
Banyak penulis resume profesional menyarankan Anda untuk tidak tertarik, karena mereka jarang terkait dengan pekerjaan yang Anda lamar. Namun, karena dua alasan, ada baiknya Anda menambahkan informasi tentang cara Anda menghabiskan waktu luang. Salah satunya adalah memberi pembaca foto bulat yang dipersonalisasi. Kedua, saat diajak wawancara, minat sering dibicarakan dengan lembut. Pengenalan wawancara sebelum pertanyaan pencarian lebih lanjut diajukan. Jika Anda tertarik dengan resume Anda, pastikan untuk menyertakan deskripsi yang lebih lengkap tentang keterlibatan Anda, bukan hanya daftar.

Check Also

Freelance di dunia bebas

Freelance di dunia bebas

Freelancing menawarkan fleksibilitas yang tak tertandingi dan sebenarnya merupakan salah satu alasan paling populer untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *