Bagaimana cara mempersiapkan untuk wawancara pekerjaan
Image source from freepik.com

Bagaimana cara mempersiapkan untuk wawancara pekerjaan

Ketika Anda menerima panggilan wawancara, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan diri untuk wawancara. Jangan terlalu mempersiapkan diri untuk wawancara. Semakin siap Anda, semakin kecil kemungkinan Anda melakukan kesalahan. Yang terbaik adalah mempersiapkan diri secara emosional dan intelektual untuk wawancara. Memiliki wawancara yang hebat tidak sesulit yang dipikirkan beberapa orang, tetapi tidak semudah yang lain. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan wawancara berikutnya.

Ingatlah bahwa Anda adalah seorang salesman selama wawancara. Anda berada di sana untuk menjual diri Anda kepada majikan masa depan Anda. Anda ingin memasarkan diri Anda dengan cara yang paling menarik. Mempersiapkan wawancara adalah taruhan terbaik Anda. Penjual yang berpengetahuan, ramah, dan positif selalu akrab.

Lakukan riset Anda

Jika Anda tidak tahu siapa perusahaan itu atau apa yang dilakukan perusahaan, tidak peduli seberapa banyak pengetahuan atau pengalaman yang Anda miliki tentang posisi yang Anda coba dapatkan di perusahaan. Memasuki sebuah wawancara adalah bencana dan Anda tidak dapat memberi tahu pewawancara apa perusahaan mereka. Bagaimana lagi Anda memberi tahu mereka mengapa menurut Anda itu akan menjadi tambahan yang bagus untuk perusahaan mereka?

Cara yang baik dan cepat untuk mengetahui tentang perusahaan adalah dengan melihat situs web mereka. Ini adalah bagaimana Anda mendapatkan semua pengetahuan umum tentang mereka, seperti nama dan jabatan dari orang-orang kunci. Sebagian besar halaman perlu disaring, termasuk halaman yang menunjukkan contoh pekerjaan dan produk mereka. Jika Anda memiliki file media, Anda juga dapat mencarinya. Baca artikel tentang mereka dan benamkan diri Anda dalam informasi sebanyak mungkin.

Hal baik lainnya adalah memeriksa perusahaan. Ini akan menjadi pemecah yang hebat selama wawancara. Anda dapat mengomentari monumen tertentu dan tempat istirahat terdekat.

Artikel Menarik Lainnya :  Sudirno, Ahli Grafis Gambar Koin Rupiah Yang Menetap Sederhana

Cara rumit untuk mendapatkan sedikit informasi tambahan tentang perusahaan Anda adalah dengan menelepon dan mengajukan pertanyaan umum tanpa menyebut diri Anda sebagai calon karyawan. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan produk Anda untuk promosi di masa mendatang dan banyak lagi.

Ketahui informasi kontak Anda

Jika Anda diminta untuk wawancara, tanyakan kepada siapa Anda berbicara. Senang rasanya bisa menyapa pewawancara dengan menyebutkan namanya di awal wawancara tanpa terlebih dahulu diberitahu siapa pewawancaranya. Ini menunjukkan bahwa Anda berada di atas segalanya dan bersiap terlebih dahulu.

Anda juga dapat menyelidiki siapa yang akan diwawancarai. Pelajari apa yang mereka lakukan untuk perusahaan dan dapatkan beberapa contoh pekerjaan dan pencapaian mereka di perusahaan.

Jika Anda mengetahui departemen Anda, Anda juga bisa mendapatkan nama rekan kerja dan bos potensial sebelum wawancara. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan informasi tentang peran mereka di perusahaan dan jenis pekerjaan yang telah mereka lakukan.

Pelajari tentang kolega potensial Anda dalam wawancara dan sebutkan beberapa harapan Anda untuk bekerja dengan mereka di masa depan. Jika memungkinkan, berikan contoh hasil kerja mereka agar Anda terlihat lebih jujur.

Latih tanggapan Anda

Jika Anda cenderung gugup, yang terbaik adalah berlatih menjawab pertanyaan yang mungkin diajukan. Anda perlu melatih susunan kata dan nada suara yang akan Anda gunakan. Cobalah untuk sesingkat dan sedetail mungkin.

Saat mencoba menemukan jawaban yang tepat untuk pertanyaan pewawancara, Anda juga perlu melatih teknik untuk mengendalikan saraf dan menghilangkan kebiasaan aneh lainnya saat berbicara. Ini seperti mengekspresikan diri Anda dengan tangan Anda.

Berlatihlah menjawab pertanyaan wawancara dengan teman Anda. Dengarkan pendapatnya tentang penyampaian dan gerak tubuh Anda. Mungkin teman Anda akan memiliki beberapa wawasan yang bagus untuk Anda gunakan selama wawancara yang sebenarnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Freelance sesuai gaya hidup

Dandani bagian-bagiannya

Silakan pilih pakaian Anda terlebih dahulu sehari sebelum wawancara. Anda perlu memastikan pakaian Anda bebas dari kerutan dan kotoran. Pilihlah pakaian yang paling sesuai dengan jenis pekerjaan yang akan  Anda lamar. Jika Anda berniat untuk bekerja di lingkungan kantor, Anda harus berpakaian sopan. Warna tanah yang lembut sangat cocok untuk wanita. Hindari rok mini dan kemeja yang terlalu banyak mengekspos kulit Anda. Setelan gelap yang bagus cocok untuk pria.

Jika Anda berencana ingin bekerja di luar ruangan atau di lingkungan kerja artistik, Anda bisa berpakaian yang sedikit lebih santai. Jangan pernah memakai jeans denim, pakaian yang terlalu besar atau terlalu kecil. Wanita juga harus berusaha untuk tidak memakai riasan terlalu banyak. Itu memberikan kesan yang salah.

Jangan memakai sandal atau sepatu olahraga untuk wawancara, bahkan di musim panas. Kirim pesan non-profesional. Hal yang sama berlaku untuk topi dan aksesori lainnya.

mengatur

Pastikan Anda memiliki semua yang Anda butuhkan untuk wawancara sehari sebelumnya. Buat daftar periksa apa yang Anda butuhkan, jika perlu. Anda harus selalu memiliki resume cadangan yang tersedia selama wawancara. Anda juga perlu membawa buku catatan untuk mencatat selama wawancara, jika perlu. (Tuliskan hanya hal-hal penting yang menurut Anda perlu diingat) Jika Anda memiliki kartu nama, simpanlah di tempat agar Anda dapat dengan mudah menghubungi kami nanti. Ini juga menunjukkan bahwa Anda adalah seorang profesional dan dapat membantu atasan Anda mengingat Anda. nama.

Check Also

Freelance di dunia bebas

Freelance di dunia bebas

Freelancing menawarkan fleksibilitas yang tak tertandingi dan sebenarnya merupakan salah satu alasan paling populer untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *